Kamis, 23 Juni 2016

horee, kepala bappebti sutriono edi copot pengusaha nakal.

JAKARTA – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan saat ini sedang menggenjot perdagangan komoditi dengan melakukan revitalisasi Pasar Lelang Komoditi (PLK). Langkah ini dilakukan untuk menggairahkan kembali perdagangan komoditi.

Kepala Bappebti, Sutriono Edi, dalam acara Sosialisasi Pasar Lelang Komoditi di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (12/11) mengungkapkan saat ini ada 5 daerah yang dijadikan percontohan Pasar Lelang Komoditi (PLK), yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Selatan. “Revitalisasi Pasar Lelang Komoditi ini bertujuan untuk menciptakan penyelenggaraan pasar lelang yang mandiri dan profesional,” kata Sutriono Edi dalam sambutan pembukaan sosialisasi PLK ini.

Sutriono Edi menjelaskan yang dimaksud mandiri adalah penyelenggaraan PLK dilakukan tanpa mengandalkan dana APBN, tetapi menggunakan dana pihak swasta. Sementara dana APBN selanjutnya akan difokuskan untuk kegiatan pembinaan dan pengawasan PLK. Sedangkan profesional diartikan bahwa PLK dilaksanakan oleh swasta yang benar-benar fokus dalam menyelenggarakan pasar lelang.

Sutriono Edi menambahkan selain 5 pasar lelang komoditi yang jadi percontohan tersebut, PLK juga diselenggarakan di 8 daerah lainnya, yakni Sumatera Barat, Jambi, Lampung, DI Yogyakarta, NTB, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo. PLK Jawa Tengah sendiri dilaksanakan oleh Koperasi Pasar Lelang Agro Jawa Tengah yang sudah mendapat persetujuan sebagai penyelenggara pasar lelang sejak Desember 2014 dan menjadi salah satu andalan pasar lelang komoditi.

Hingga 31 Oktober 2015 PLK Jateng telah mencatat nilai transaksi Rp55,7 miliar. Ini merupakan transaksi tertinggi dibandingkan dengan 13 pasar lelang yang ada atau 26 persen dari nilai total transaksi PLK tahun 2015.   

Kepala Babbepti, Sutriono Edi, juga menjelaskan bahwa secara total selama tahun 2015, sampai bulan Oktober, nilai transaksi PLK seluruhnya sudah mencapai Rp212,4 miliar. Untuk menunjang aktivitas pasar lelang Bappebti menyediakan informasi harga komoditi yang diformulasikan berdasarkkan data harga yang terbentuk di 13 daerah PLK yang dapat diakses melalui website www.bappebti.go.id. Melalui website ini para pelaku usaha juga bisa mengetahui  informasi jadwal pasar lelang. 

“Komoditi yang ditransasksikan di pasar lelang adalah komoditi yang memiliki nilai ekonomi tinggi, baik ditinjau dari sisi pemenuhan konsumsi nasional, sumber penghasilan petani maupun potensinya sebagai pengahasil devisa negara,”  ujar Sutriono Edi, seraya memberi contoh diantaranyaa beras, rumput laut, garam, jagung, kakao, karet dan  kopi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar